Notulen Seminar "Startup to become a Digital Hero" 2018


Halo semua....

Hasil gambar untuk topan bayu kusumaSaya sekarang saya akan membagikan pengalaman saya ketika mengikuti seminar "Startup to become a Digital Hero" ,Seminar ini di adakan di Perpusnas (Perpustakaan Nasional) Jakarta pusat pada tanggal 6 november 2018 dan di selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas Gunadarma.

Oh iya untuk motivator/pematerinya  ada mas Topan Bayu Kusuma (CEO Badr Intractive) dan mas Ali Murdani Simanjutak (Co Founder & CMO Alter Indonesia). Beliau-beliau ini merupakan orang-orang yang merintis startup mereka mulai dari bawah hingga startup mereka dikenal banyak orang. Untuk mas Topan sendiri, dia memulai karirnya dengan sebuah kontarakan kecil yang di jadikan sebagai kantor dan beberapa kariawan, bahkan beliau bercerita bahwah kantor mereka  hampir bangkrut karna tidak ada investor yang mau berinvestasi. Namun masa sulit tersebut dapat terlewati dengan usaha yang keras dan pantang menyerah.

Sedangkan untuk mas Ali sendiri juga hampir sama, beliau memulai karirnya ini dengan membuat startup belajar koding bersama, dan memasarkan startupnya di Universitas Gunadarma. Namun, ternyata hasilnya tidak sesuai harapan yang dia inginkan. Dikarnakan startupnya kurang menarik perhatian calon customer sehingga beliau merubah teknik pemasaran startupnya dengan cara “Belajar sepuasnya, bayar seikhlasnya” dengan harapan para costomer tertarik untuk menggunakan startup beliau, Benar saja banyak sekali customer yang tertarik dan akhirnya mengikuti program mas Ali kebanyakan dari kalangan mahasiswa. Kemudian seiring berjalannya waktu beliau mengubah teknik pemasarannya agar mendapat keuntungan. akhirnya beliau mendirikan Alter Indonesia yaitu copamny yang berjalan di bidang coding.

            Dari seminar tersebut saya mendaptkan banyak hal yang sangat bermansaat. Dari materi yang mas Topan sampaikan “Perjalanan bisnis tidaklah mudah, agar mudah untuk melalui itu semua setidaknya harus memiliki visi, team yang solit, perencanaan yang cerdas dan esekusi yang tuntas”. Dan dari mas Ali “ kunci sukses itu Ilmu, Network Dan Mentor yang baik”

           Kesimpulannya Bisnis itu gak gampang seperti yang banyak orrang bayangkan, hanya dengan modal saja sudah cukup. Tapi nyatannnya untuk sukses setidaknya perlu Ilmu dan juga Perenccanaan  yang cerdas. Kemudian Visi, Team yang solit,Network dan akhirnya Eksekusi yang tuntas dan lebih baik lagi jika ada Mentor yang bisa mendampingi kita.


       Sekian dulu cerita tentang pengalaman saya di seminar “Startup to become a Digital Hero" semoga bermafaat buat teman-teman yang membaca....
Bye...... XD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AUDIT IT PADA DOMAIN EDM, APO, BAI, DSS, DAN MEA

SERVICE MANAGEMENT SYSTEM

“Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat”