Aspek yang terdapat pada IT governance dan risk management.

 Aspek yang terdapat pada 

IT governance dan risk management.



1. Penyelarasan Strategis (Strategic Alignment)

    Memfokuskan kepastian terhadap keterkaitan antara strategi bisnis dan TI serta penyelarasan antara operasional TI dengan bisnis.

 

2. Penyampaian Nilai (Value Delivery)

    Mencakup hal-hal yang terkait dengan penyampaian nilai yangmemastikan bahwa TI memenuhi manfaat yang dijanjikan dengan memfokuskan pada pengoptimalanbiaya dan pembuktian nilai hakiki akan keberadaan TI.


3. Pengelolaan Sumber Daya (Resource Management)

    Berkaitan dengan pengoptimalan investasi yangdilakukan dan pengelolaan secara tepat dari sumber daya TI yang kritis mencakup : aplikasi, informasi, infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM). Isu kunci area ini berhubungan dengan pengoptimalan pengetahuan dan infrastruktur.

 

4. Pengelolaan Resiko (Risk Management)

    Membutuhkan kepekaan akan resiko oleh manajemen senior, pemahaman yang jelas akan perhatian perusahaan terhadap keberadaan resiko, pemahaman kebutuhan akan kepatutan, transparansi akan resiko yang signifikan terhadap proses bisnis perusahaan dan tanggung jawab pengelolaan resiko ke dalam organisasi itu sendiri. salah satu contoh Risk Management clik disini


Dalam aspek Risk Management contoh yang bisa diambil adalah hal keamanan yakni diklasifikasikan menjadi 4 lubang keamanan :


 §  Keamanan Yang Bersifat Fisik (physical security) : termasuk akses orang ke gedung,peralatan, dan mediayang digunakan.


 §  Keamanan Yang Berhubungan Dengan Orang (Personel) : termasuk identifikasi, dan profil resiko dariorang yang mempunyai akses (pekerja).


 §  Keamanan dari data media serta teknik komnukasi(Communication) : termasuk juga kelemahan dalam software yang digunakan untuk mengelola data.


 §  Keamanan dalam Operasi : Termasuk kebijakan (policy) dan prosedur yang digunakan untuk mengatur dan mengelola sistem keamanan dan juga termasuk prosedur setelah serangan (post Attack Recovery).


 §  Pengukuran Kinerja (Performance Measurement): Penelusuran dan pengawasan implementasi dari strategi, pemenuhan proyek yang berjalan, penggunaan sumber daya, kinerja proses dan penyampaian layanan dengan menggunakan kerangka kerja seperti Balanced Scorecard yang menerjemahkan strategi ke dalam tindakan untuk mencapai tujuan terukur dibandingkan dengan akuntansi konvensional.

 

5 Pengukuran Kinerja (Performance Measurement)

    Penelusuran dan pengawasan implementasi dari strategi, pemenuhan proyek yang berjalan, penggunaan sumber daya, kinerja proses dan penyampaian layanan dengan menggunakan kerangka kerja seperti Balanced Scorecard yang menerjemahkan strategi ke dalam tindakan untuk mencapai tujuan terukur dibandingkan dengan akuntansi konvensional.



sumber : 

https://zulfikarfarros.blogspot.com/2019/11/contoh-dari-setiap-aspek-yang-terdapat.html

http://www.sanabila.com/2015/05/pengertian-dan-contoh-risk-management.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SERVICE MANAGEMENT SYSTEM

“Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat”

AUDIT IT PADA DOMAIN EDM, APO, BAI, DSS, DAN MEA